Rabu, 07 Juli 2010

Kanker Kulit

Tetap waspada bila memiliki terlalu banyal mamiliki tahi lalat di dalam tubuh kalian, tahi lalt tersebut dapat berubah menjadi pembunuh.

Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Inggris. Salah satu jenis kanker yang jumlah penderitanya meningkat tiap tahun adalah kanker kulit.Berbedadengan jenis kanker lain yang pada umumnya diderita oleh orang berusia lanjut, kanker kulit juga banyak menyerang orang berusia muda. Jenis kanker kulit timbul akibat rusaknya kulit oleh sinar ultraviolet. Rasio terkena kanker kulit lebih tinggi pada orang yang memiliki karakter jumlah tahi lalat banyak ( antara 50-100), berambut merah/ pirang, kulit putih dan berbintik-bintik cokelat cenderung mudah terbakar apabila terkena sinar matahari dan adanya salah satu anggota keluarga yang menderita kanker.

Departemen Kesehatan Inggris dibantu media massa berupaya meningkatkan kepedulian masyarakat untuk melakukan perlindungan terhadap sinar matahari dan memeriksakan diri ke dokter. Terdeteksinya penyakit lebih dini dan di tunjang dengan teknik pengobatan baru yang di kembangkan dalam dunia medis di harapkan dapat menurunkan jumlah kematian akibat kanker kulit. Upaya yang sifatnya global adalah tindakan untuk mengurangi penipisan lapisan ozon. Langkah-langkah tersebut di harapkan dapat mengurangi peningkatan jumlah penderita melanoma sehingga tidak saja memberikan keuntungan pada individu, tetapi juga pada industri kesehatan dan asuransi.

Karsinoma Sel Skuamosa DEFINISI
Karsinoma Sel Skuamosa adalah kanker yang berasal dari lapisan tengah epidermis.

Penyakit Bowen adalah suatu bentuk karsinoma sel skuamosa yang terbatas pada epidermis dan belum menyusup ke jaringan di bawahnya (dermis).
Kulit yang terkena tampak coklat-merah dan bersisik atau berkeropeng dan mendatar, kadang menyerupai bercak pada psoriasis, dermatitis atau infeksi jamur.

PENYEBAB
Lebih dari 90% kanker kulit tumbuh di daerah yang terpapar oleh sinar matahari atau sinar ultra violet lainnya.
Hal ini diduga merupakan penyebab utama dari semua jenis kanker kulit.

Faktor resiko lainnya adalah:

· Faktor genetik (kanker kulit lebih sering ditemukan pada orang berkulit terang, mata biru atau hijau dan rambut pirang atau merah)

· Pencemaran oleh bahan kimia

· Pemaparan berlebihan oleh sinar X atau radiasi lainnya

GEJALA
Karsinoma sel skuamosa biasanya timbul pada kulit yang terpapar sinar matahari, tetapi bisa juga tumbuh di kulit manapun atau di tempat-tempat tertentu (misalnya lidah atau selaput mulut).
Kanker ini bisa tumbuh pada kulit normal maupun pada kulit yang rusak akibat pemaparan sinar matahari (keratosis aktinik).

Karsinoma sel skuamosa berawal sebagai daerah kemerahan yang bersisik dengan permukaan berkeropeng yang tidak kunjung sembuh.
Kemudian tumor akan tumbuh menonjol, kadang permukaannya menyerupai kutil.
Pada akhirnya kanker menjadi sebuah luka terbuka dan tumbuh ke dalam jaringan di bawahnya. (biologi sma kelas 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar